Assessment Portopolio

Penggunaan Assesmen Portofolio Dalam Perkuliahan Statistika I

Penilaian pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk melihat kemampuan siswa maupun mahasiswa dalam belajar. Ada berbagai cara atau metode dalam melakukan penilaian pembelajaran salah satunya adalah yang dikenal dengan penilaian portofolio atau portfolio assessment. Untuk mengenal dan mendokumentasikan belajar mahasiswa, dosen dapat menggunakan portofolio untuk menilai perkembangan mahasiswa. Coates (1995), menyatakan bahwa dalam berbagai mata pelajaran dan tingkat kelas portofolio telah menjadi penilaian (assessment) terbaik terhadap belajar dan kemampuan siswa dalam kurun waktu yang cukup lama.Untuk mengungkapkan penggunaan assesmen portofolio dalam perkuliahan statistika I, fokus penelitian ini adalah proses pelaksanaan perkuliahan statistika I dengan menggunakan portofolio.

Sedangkan masalah penelitian meliputi 2 hal berikut :

1.      Bagaimana bentuk pelaksanaan perkuliahan statistik I dengan menggunakan assesment portofolio?

2.      Bagaimana respon mahasiswa selama mengikuti perkuliahan statistik I dengan menggunakan assessment portofolio? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menggunakan assesmen portofolio dalam perkuliahan statistika I perlu diperhatikan tiga hal, yaitu:

a.       pemberian informasi kepada mahasiswa pada awal perkuliahan bahwa akan digunakan assesmen portofolio dalam perkuliahan yang akan dilaksanakan,

b.      mengenalkan konsep portofolio kepada mahasiswa, dan

c.       menentukan karya-karya atau pekerjaan yang akan dicantumkan pada portofolio. Aktivitas mahasiswa positif selama mengikuti perkuliahan. mahasiswa ikut serta dalam proses perkuliahan. Mahasiswa selalu mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh dosen, meskipun terkadang belum sempurna.

Mahasiswa serius memberikan komentar terhadap tugas temannya. Mahasiswa dapat dengan baik mewujudkan dorongan yang ada pada dirinya. Mahasiswa mengajukan pertanyaan jika ada hal yang tidak dimengerti. Melalui pengembangan portofolio, secara umum mengkondisikan mahasiswa lebih teratur dalam belajar. Secara umum melalui penyusunan portofolio, mahasiswa dapat merefleksikan perkembangan belajarnya. Mahasiswa lebih leluasa memahami materi melalui assesmen portofolio. Pada mulanya 90% mahasiswa merasa sangat sulit untuk menyelesaikan tugas statistika I, namun setelah sedikit dibahas dan dikomentari oleh teman-teman mereka akhirnya paham dan merasa perlu untuk merevisi.

http://publikasi.umm.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptummdppm-gdl-sitiingana-34&q=matematika

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s